ANTHOR: Education and Learning Journal
Vol 4 No 2 (2025): Anthor 2025

Pengaruh Keterampilan Pengelolaan Kelas oleh Guru terhadap Prestasi Pembelajaran PAI di SMPN 3 Tigo Nagari

Rahmiati, Rahmiati (Unknown)
Ariza, Hidra (Unknown)
Nurbaya, Nurbaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Keterampilan pengelolaan kelas merupakan bagian dari kompetensi pedagogik guru yang memiliki peran penting dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh keterampilan pengelolaan kelas oleh guru terhadap prestasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 3 Tigo Nagari. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI telah menerapkan keterampilan pengelolaan kelas dalam berbagai aspek, seperti pengaturan tempat duduk, pengarahan interaksi, serta penggunaan metode pembelajaran variatif. Prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik ketika pengelolaan kelas dilakukan secara optimal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keterampilan pengelolaan kelas oleh guru berkontribusi secara langsung terhadap tercapainya tujuan pembelajaran PAI.

Copyrights © 2025