Technological Pedagogical Content Knowledge
Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (May, 2018)

PENGARUH PEMBELAJARAN IPA MODEL SERVICE LEARNING PENDEKATAN SSI TERHADAP PROBLEM SOLVING & SIKAP RESPEK FAKTA

Gita, Elshandra (Unknown)
Roektiningroem, Ekosari (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh pembelajaran IPA model service lerning dengan pendekatan socio scientific issues (SSI) terhadap kemampuan problem solving dan terhadap sikap respek fakta. Penelitian quasi eksperiment dengan non-equivalen group design. Populasinya adalah 151 siswa kelas 8 SMPN 4 Wonosari dilakukan dengan cluster random sampling, kelas 8A menggunakan model service learning pendekatan socio scientific issues dan kelas 8C menggunakan pendekatan 5M. Instrumen yang digunakan yaitu soal, lembar observasi problem solving, lembar observasi sikap respek fakta, lembar angket sikap respek fakta, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Analisis untuk menguji besarnya pengaruh dilakukan dengan menghitung Cohen’d menggunakan rumus Effect size dari Cohen. Hasil penelitian menunjukkan adanya (1) pengaruh pembelajaran IPA model service learning pendekatan socio scientific issues terhadap problem solving dengan nilai effect size 0,43 kategori kecil, (2) pengaruh pembelajaran IPA model service learning pendekatan socio scientific issues terhadap sikap respek fakta dengan nilai effect size 0,63 kategori sedang.Kata Kunci: Problem Solving, Service Learning, Sikap Respek terhadap Fakta, Socio Scientific Issues

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ipa

Publisher

Subject

Education

Description

The scope of this journal is the integration of technology, pedagogy and science content in its implementation in science learning, curriculum, media, technology, students, teachers and education personnel, assessment, evaluation, development, and policies related to science ...