Technological Pedagogical Content Knowledge
Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (July, 2018)

PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INQUIRY LABORATORY BERMUATAN NOS BERBANTUAN BLOG TERHADAP PENINGKATAN LITERASI SAINS

Kumala, Risda Ermeida (Unknown)
Nurohman, Sabar (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan pada kemampuan literasi sains antara sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran IPA berbasis inquiry laboratory bermuatan Nature of Science (NOS) dengan bantuan blog, (2) mengetahui pengaruh pada kemampuan literasi sains antara kelas yang menggunakan model pembelajaran berbasis inquiry laboratory bermuatan Nature of Science (NOS) berbantuan blog dengan kelas yang menggunakan pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah quasy experiment dengan desain penelitian nonequivalent pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini 204 siswa kelas VII SMP Negeri 9 Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran IPA berbasis inquiry laboratory bermuatan NOS bantuan blog dan kelas VII C dengan pembelajaran langsung. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu (1) soal pretest-posttest, (2) lembar observasi literasi sains aspek kompetensi, (3) lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran IPA berbasis inquiry laboratory bermuatan NOS. Teknik analisis data soal pretest-posttest menggunakan uji paired t-test dan uji independent sample t-test. Teknik analisis data lembar observasi literasi sains aspek kompetensi dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran IPA berbasis inquiry laboratory bermuatan NOS menggunakan persentase keterlaksanaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan literasi sains antara sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran IPA berbasis inquiry laboratory bermuatan NOS berbantuan blog dan ada pengaruh pada kemampuan literasi sains antara kelas yang menggunakan model pembelajaran berbasis inquiry laboratory bermuatan NOS berbantuan blog dengan kelas yang menggunakan pembelajaran langsung. Besarnya pengaruh literasi sains aspek kompetensi ditunjukkan dengan nilai effect size sebesar 0,65 yang tergolong dalam kategori sedang.Kata kunci: Literasi Sains, Aspek Kompetensi, Inquiry Laboratory, Nature of Science (NOS), Blog.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ipa

Publisher

Subject

Education

Description

The scope of this journal is the integration of technology, pedagogy and science content in its implementation in science learning, curriculum, media, technology, students, teachers and education personnel, assessment, evaluation, development, and policies related to science ...