Technological Pedagogical Content Knowledge
Vol 7, No 7 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (November, 2018)

PENGARUH PENGGUNAAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY IPA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA

Zara, Wa Ode (Unknown)
Maryanto, Allesius (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan SSP IPA berbasis pembelajaran interaktif terhadap kesiapsiagaan bencana gempa bumi; (2) apakah terdapat pengaruh penggunaan SSP IPA berbasis pembelajaran interaktif terhadap pemahaman konsep dengan tema kesiapsiagaan bencana gempa bumi peserta didik; dan (3) pengaruh penggunaan SSP IPA berbasis pembelajaran interaktif terhadap kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan pemahaman konsep peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan jenis desain nonequivalent pretest-posttest control group design. Pada penelitian ini, kelas eksperimen menggunakan SSP IPA berbasis model pembelajaran interaktif dan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran 5M kurikulum 2013. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah cluster random sampling dengan populasi peserta didik SMP N 4 Wates semester genap tahun pelajaran 2017/2018, sampel sebanyak 50 peserta didik yang berasal dari 25 peserta didik kelas VII C dan 25 peserta didik kelas VII D. Intrumen penelitian yang digunakan berupa soal pretest dan soal posttest, lembar obserrvasi keterlaksanaan pembelajaran, angket kesiapsiagaan bencana gempa bumi, dan lembar observasi tes simulasi kesiapsiagaan bencana gempa bumi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis Independent Sample T-Test, Effect Size dan Multivariat Analysis of Variance (MANOVA). Hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan SSP IPA berbasis pembelajaran interaktif terhadap peningkatan kesiapsiagaan bencana gempa bumi peserta didik dengan uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,001 0,025 dan nilai effect size untuk angket kesiapsiagaan bencana gempa bumi sebesar 1,002, serta uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 0,025 dan nilai effect size untuk tes simulasi kesiapsiagaan bencana gempa bumi sebesar 3,83; (2) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan SSP IPA berbasis pembelajaran interaktif terhadap peningkatan pemahaman konsep peserta didik dengan uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,012 0,025 dan nilai effect size sebesar 0,96; dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan SSP IPA berbasis pembelajaran interaktif terhadap peningkatan kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan pemahaman konsep peserta didik dengan uji MANOVA diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 0,05.Kata kunci: kesiapsiagaan bencana, pemahaman konsep, SSP IPA, model pembelajaran interaktif

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ipa

Publisher

Subject

Education

Description

The scope of this journal is the integration of technology, pedagogy and science content in its implementation in science learning, curriculum, media, technology, students, teachers and education personnel, assessment, evaluation, development, and policies related to science ...