Technological Pedagogical Content Knowledge
Vol 7, No 6 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (October, 2018)

PENGARUH MODEL ADVANCE ORGANIZER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP

Rusti, Rusti (Unknown)
Wilujeng, Insih (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran sains model Advance Organizer terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Piyungan materi Pencemaran Lingkungan. Penelitian ini merupakan quasy experiment menggunakan control group pretest and postest design. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas 7 di SMP Negeri 1 Piyungan Tahun 2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Sampel penelitian terdiri dari kelas eksperimen menggunakan Pembelajaran Model Advance Organizer dan kelas kontrol menggunakan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013/5M. Data kemampuan berpikir kritis diperoleh dari pretest, posttest, dan lembar observasi kemampuan berpikir kritis. Analisis data yang digunakan adalah uji Independent Sample T-Test, Uji N-Gain dan Uji Effect Size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sains Model Advance Organizer berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik Kelas VII SMP Negeri 1 Piyungan dengan N-Gain pada kategori sedang dan effect size pada kategori tinggi.Kata Kunci: pembelajaran sains, model pembelajaran, advance organizer, berpikir kritis

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ipa

Publisher

Subject

Education

Description

The scope of this journal is the integration of technology, pedagogy and science content in its implementation in science learning, curriculum, media, technology, students, teachers and education personnel, assessment, evaluation, development, and policies related to science ...