Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran sains model Advance Organizer terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Piyungan materi Pencemaran Lingkungan. Penelitian ini merupakan quasy experiment menggunakan control group pretest and postest design. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas 7 di SMP Negeri 1 Piyungan Tahun 2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Sampel penelitian terdiri dari kelas eksperimen menggunakan Pembelajaran Model Advance Organizer dan kelas kontrol menggunakan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013/5M. Data kemampuan berpikir kritis diperoleh dari pretest, posttest, dan lembar observasi kemampuan berpikir kritis. Analisis data yang digunakan adalah uji Independent Sample T-Test, Uji N-Gain dan Uji Effect Size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sains Model Advance Organizer berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik Kelas VII SMP Negeri 1 Piyungan dengan N-Gain pada kategori sedang dan effect size pada kategori tinggi.Kata Kunci: pembelajaran sains, model pembelajaran, advance organizer, berpikir kritis
Copyrights © 2018