Publikasi Pendidikan
Vol 15, No 1 (2025)

Pengaruh Pembelajaran Berkelanjutan dan Profesionalisme Terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Ciomas

Zahrah, Syarifah (Unknown)
Matin, Matin (Unknown)
Sentosa, Heru (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2025

Abstract

Kinerja guru merupakan salah satu faktor kunci dalam menentukan kualitas pendidikan. Guru yang berkualitas merupkan guru yang mampu menciptakan lingkungan belajar yang inspiratif dan mendukung, sehingga siswa termotivasi untuk belajar dan berpartisipasi aktif dalam proses pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis factor yang dapat mempengaruhi kinerja guru. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif, populasi guru sekolah dasar negeri di kecamatan Ciomas dengan sempel 101 guru. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan analisis deskriptif dan inferensial atau uji hipotesis yaitu korelasi dan regresi, dan teknis analisis data kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Intrumen yang digunakan berupa angket. Hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh positif dengan nilai regresi Y = 18,452 + 0,546 + 0,451 dan koefisien korelasi antara pembelajaran berkelanjutan terhadap kinerja guru 0.654 dengan R square sebesar 0. 427 dalam artian memiliki pengaruh 42,7%, koefisien korelasi antara profesionalisme terhadap kinerja guru 0.649 dengan R square sebesar 0. 421 dalam artian memiliki pengaruh 42,7%, koefisien korelasi antara pembelajaran berkelanjutan terhadap profesionalisme 0.818 dengan nilai R square sebesar 0. 669 dalam artian memiliki pengaruh 66,9% koefisien determinasi memiliki nilai R square sebesar 0,469 dalam arti arti bahwa pengaruh variabel pembelajaran berkalanjutan (X1) dan Profesionalisme (X2) secara simultan terhadap kinerja guru (Y) sebesar 46,9%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...