Publikasi Pendidikan
Vol 15, No 3 (2025)

Integrasi Cooperative Script dan Audio Visual: Pengaruhnya terhadap Minat Belajar IPS di Siswa Sekolah Dasar

S, Jumariati (Unknown)
Nawir, Muhammad (Unknown)
Idawati, Idawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2025

Abstract

Pendidikan dasar masih memiliki tantangan dalam pembembentukan karakter, pengetahuan, dan keterampilan dasar peserta didik, yang disebabkan oleh minat belajar. Penelitian ini menawarkan kajian empiris tentang pengaruh kombinasi model Cooperative Script dan media audio visual terhadap minat belajar IPS siswa sekolah dasar. Penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu Quasi Experiment dan Pretest Posttest Control Group Design digunakan. Kelas IV SDN 27 Passippo terpilih sebagai sampel. Kelas kontrol nantinya diberikan perlakuan dengan menggunakan Model Pembelajaran Konvensional. Selanjutnya, kelas IV SDN 31 Pasempe digunakan sebagai kelas eksperimen. Selanjutnya kelas eksperimen akan diberikan perlakuan dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script berbantuan Audio Visual. Temuan kami mengungkapkan bahwa di kelas eksperimen yang menggunakan model Cooperative Script dan media Audio Visual berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa. Penelitian selanjutnya disarankan dapat mengevaluasi pada aspek lainnya seperti hasil belajar dengan kelompok yan glebih besar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...