Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media audio visual mata pelajaran IPAS kelas IV SDN 24 Pontianak Tenggara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan bentuk quasi-eksperimental design dengan jenis nonequivalent control group design. Populasinya adalah seluruh kelas peserta didik kelas IV yang terdiri dari dua kelas. Sampel penelitian ini peserta didik kelas IV A yang berjumlah 16 peserta didik dan IV B berjumlah 21 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik pengukuran dan instrumen pengumpulan data adalah tes tertulis berbentuk pilihan ganda yang terdiri dari 16 soal. Berdasarkan analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t yang diolah menggunakan SPSS 27. Hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0.00 < 0.05, maka Ho di tolak dan Ha diterima. Berarti terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan media audio visual dan model pembelajaran problem based learning berbantuan media gambar. Kriteria besarnya effect size berada pada kategori tinggi yaitu sebesar 0,903 dengan rentang ES>0,8. Berarti dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning berbantuan media audio visual memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar mata pelajaran IPAS kelas IV SDN 24 Pontianak Tenggara.
Copyrights © 2025