PIJAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 3 No. 3 (2025): Agustus

Efektivitas Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Numerasi Peserta Didik Pada Materi Eksponen Di Kelas X

Situmorang, Naldi (Unknown)
Manik, Efron (Unknown)
Sitepu, Christina Purnamasari K. (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivitasan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan numerasi peserta didik materi eksponen di SMA Swasta Pencawan Medan. Jenis Penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas X di SMA Swasta Pencawan Medan. Dengan teknik Cluster Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (X-2) dengan total peserta didik 34 orang dan kelas kontrol (X-3) dengan total peserta didik 34 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar peserta didik dengan bentuk esai yang telah dilakukan uji prasyarat instrumen tes serta lembar observasi. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh perhitungan pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata pretest 7,970588 dan nilai rata-rata posttest 45,70588. Pada kelas kontrol diperoleh rata- rata pretest 7,441176 dan nilai rata-rata post test 33,14706. Maka, berdasarkan hasil perhitungan kualitas tingkat pembelajaran pada kemampuan numerasi menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% yang berarti ada perbedaan antara model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dengan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan lembar observasi kesesuaian tingkat pembelajaran pada aktivitas guru diperoleh nilai 3,266667 dan pada aktivitas peserta didik diperoleh nilai 3,094118 yang artinya kesesuaian tingkat pembelajaran dalam kriteria baik. Berdasarkan lembar observasi alokasi waktu diperoleh nilai 4 yang artinya alokasi waktu dalam kriteria baik. Berdasarkan kualitas pembelajaran, kesesuaian tingkat pembelajaran, dan alokasi waktu, model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) efektif terhadap kemampuan numerasi peserta didik pada materi eksponen di SMA Swasta Pencawan Medan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pijar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

PIJAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran is a scientific journal published by CV Putra Publisher. This journal aims to accommodate research articles and community service in the field of education and learning. This journal can provide an overview of the development of science and technology in the ...