Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Vol.1, No.11, Nopember 2016

IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS DI SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU

Asri Ulfah Wulan Sari (Manajemen Pendidikan-Pascasarjana Universitas Negeri Malang)
Achmad Supriyanto (Manajemen Pendidikan-Pascasarjana Universitas Negeri Malang)
Burhanuddin Burhanuddin (Manajemen Pendidikan-Pascasarjana Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2016

Abstract

This research purposed to describes the implementation of clinically supervision in teacher is profesional competence improvement. It is using qualitative aproach method with case study program. Collecting data using observation technique, interview, documentation by single data analysis. The result of research showing that the implementation of clinically supervision by three stages:  pre conference, observation, and post conference doing well and increasing teacher’s professional competence in managing learning process.Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi supervisi klinis dalam meningkatkan kompetensi profesional guru. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dengan analisis data tunggal. Hasil penelitian menunjukkan implementasi supervisi klinis melalui tiga tahapan, yaitu pre conference, observation, dan post conference berjalan dengan baik dan meningkatkan kompetensi profesional guru dalam mengelola proses pembelajaran.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jptpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January ...