Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dikelas VII-2 SMP Negeri 1 Tg. Tiram. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas VII-2 SMP Negeri 1 Tg. Tiram yang berjumlah 29 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Berdasarkan hasil analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh 10 dari 29 siswa (34,48%) telah berhasil mencapai target keberhasilan sedangkan 19 siswa lainnya (65,51%) belum mencapai target keberhasilan dengan rata-rata kemampuan siswa sebesar 63,62. Dari kriteria keberhasilan klasikal maka persentase keberhasilan ini belum memenuhi. Setelah pemberian tindakan pada siklus II melalui pemberian tes kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh 26 dari 29 siswa (89,65%) telah berhasil mencapai target keberhasilan sedangkan 3 siswa lainnnya (10,35%) belum mencapai target keberhasilan dengan rata-rata kemampuan siswa sebesar 86,37. Berdasarkan target keberhasilan klasikal (≥85%) maka persentase keberhasilan ini sudah memenuhi. Dari uraian sebelumnya dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dikelas VII-2 SMP Negeri 1 Tg. Tiram.
Copyrights © 2024