Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SPECIAL EDITION: LALONGET VI

Model Pembelajaran BIPA untuk Menguatkan Identitas Budaya dan Nasionalisme bagi Anak Diaspora

Putri, Ardhana Reswari Diyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2025

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) telah menjadi alat diplomasi budaya dan pelestarian identitas nasional dan memiliki potensi lebih besar: tidak hanya membawa bahasa Indonesia ke penutur asing, tetapi juga memulangkan ‘Indonesia’ pada mereka yang memiliki akar dari sana. Makalah ini mengusung konsep futurologi pendidikan bahasa untuk merancang model BIPA yang inklusif, adaptif, dan berakar budaya, dengan fokus pada membawa Indonesia kembali ke hati dan kehidupan para anak keturunan Indonesia di luar negeri. Makalah ini mengevaluasi keterbatasan pendekatan konvensional BIPA dan mengusulkan pendekatan hibrida yang menggabungkan teknologi, personalisasi, dan kegiatan budaya untuk menumbuhkan nasionalisme dan keterampilan fungsional. Dalam pembelajaran yang dilakukan terhadap anak keturunan diaspora ini, kerjasama dari berbagai pihak memiliki peran penting dalam pengajaran BIPA termasuk dalam memasukkan nilai-nilai budaya Indonesia kembali ke jiwa anak ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ghancaran

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini menerima kontribusi dalam bidang linguistik, sastra dan pengajaran dari berbagai perspektif, misalnya: pengajaran dan pembelajaran bahasa pertama, kedua, dan asing; bahasa dan sastra dalam pendidikan; perencanaan bahasa, pengujian bahasa; desain dan pengembangan kurikulum; multibahasa dan ...