Abstrak - Terusan Batik Halus, Sukaluyu, Cibeunying Kaler, Bandung, dan berfokus pada penyewaan konsol PlayStation 5. Sparring Game Center ini adalah salah satu dari banyak bisnis yang tidak menggunakan teknologi komputerisasi untuk menjalankan proses operasinya. Pemesanan masih dicatat secara manual di buku oleh pemilik Sparring Game Center. Setelah banyak catatan, pemilik kesulitan memeriksa jadwal dan ruangan yang masih tersedia. Pemilik juga tidak membuat laporan penjurnalan dan pemesanan untuk membuat laporan keuangan perusahaan. Untuk mengatasi masalah ini, dibuat aplikasi pemesanan ruangan berbasis web. Aplikasi ini dibuat menggunakan metode Software Development Life Cycle (SDLC) dengan pendekatan model waterfall, dan menggunakan bahasa pemrograman PHP serta basis data MySQL. Pengujian fungsionalitas aplikasi dilakukan dengan metode Black Box Testing. Hasilnya menunjukkan bahwa aplikasi ini membantu pelanggan memilih jadwal dan ruangan pemesanan yang masih tersedia tanpa harus mengantri di tempat. Selain itu, membantu pemilik mencatat pemesanan ruangan, yang datanya akan dimasukkan ke dalam buku besar, penjurnalan, dan laporan pemesanan. Karena setiap pelanggan dikenakan uang muka sebesar 50% dari total pemesanan, sistem pemesanan dapat mengurangi kemungkinan pelanggan membatalkan pemesanan.Kata Kunci: pemesanan, aplikasi, waterfall, PHP, MySQL
Copyrights © 2024