Jurnal Psikologi
Vol 20, No 1 (2024): Jurnal Psikologi

School Well-Being Ditinjau Dari Determinasi Diri dan Kepercayaaan Siswa Kepada Guru

Wihartiningsih, Rina (Unknown)
Hidayah, Nurul (Unknown)
Fakhruddiana, Fuadah (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh determinasi diri dan kepercayaan siswa kepada guru terhadap school well-being siswa SMP swasta di Yogyakarta. Desain penelitian yang dipilih adalah penelitian survei kuantitatif. Responden penelitian adalah siswa sebuah SMP swasta di Yogyakarta. Instrumen penelitian terdiri dari Skala School Well-Being, Skala Determinasi Diri, dan Skala Kepercayaan Siswa kepada Guru. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan determinasi diri dan kepercayaan siswa kepada guru berpengaruh sangat signifikan terhadap school well-being (nilai F sebesar 29,155 dan taraf signifikansi 0,000 (p<0,01)). Secara parsial determinasi diri tidak berpengaruh terhadap school well-being (nilai t sebesar 0,937 dan taraf signifikansi 0,352 (p>0,05)). Kepercayaan siswa terhadap guru secara parsial berpengaruh sangat signifikan terhadap school well-being (nilai t sebesar 6,861 dan taraf signifikansi 0,000 (p<0,01)). Hasil penelitian ini berimplikasi terhadap pentingnya menumbuhkan determinasi diri dan kepercayaan siswa kepada guru dalam meningkatkan school well-being siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Jurnal Psikologi

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Psikologi diterbitkan oleh Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal ini mengakomodir artikel/karya ilmiah meliputi : Psikologi Umum, Psikologi Sosial, Psikologi Perkembangan, Psikologi Klinis, Psikologi Pendidikan, Psikologi Agama, Psikologi Industri & ...