Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Vol 3, No 5: MEI 2018

Identifikasi Resource Siswa Materi Kesetimbangan dan Titik Pusat Massa

Herlina Mulyastuti (Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang)
Sutopo Sutopo (Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang)
Ahmad Taufiq (Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
01 May 2018

Abstract

Abstract: This research aimed to identify student activated resource for solving some problems about equilibrium and center of mass point. The method used in the form of descriptive qualitative with the number of samples 64 students 11th SMA Negeri 2 Bangkalan. The data were collected using a double choice questioned instrument. Resource students are obtained through constant comparative analysis. The results showed that students generally activate resource that is p-prim rather than a scientific resource. Scientific resource resumes that are not adapted to the context of the problem will make a wrong prediction answer. Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi resource yang diaktifkan siswa dalam menyelesaikan permasalahan terkait materi kesetimbangan dan titik pusat massa. Metode yang digunakan berupa deskriptif kualitatif dengan jumlah sampel sebanyak 64 siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bangkalan. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen soal berbentuk pilihan ganda beralasan. Resource siswa diperoleh melalui analisis constant comparative. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa umumnya mengaktivasi resource yang bersifat p-prime daripada resource yang sifatnya scientific. Resource scientific yang diaktivasi tidak sesuai konteks permasalahan akan menghasilkan prediksi jawaban yang salah oleh siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jptpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January ...