Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMA)
Vol. 4 No. 3 (2024): Artikel riset Periode Nopember 2024

Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Museum Perkebunan Indonesia Di Kota Medan

Akbar, Muhammad (Unknown)
Simbolon , Anggiat Parlindungan (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Museum Perkebunan Indonesia adalah sebuah museum yang didirikan sebagai pusat informasi dan pendidikan tentang perkebunan yang ada di Indonesia. Museum ini berlokasi di Jalan Brigjen Katamso No. 53 Kota Medan, Sumatera Utara. Kepuasan pengunjung di Museum Perkebunan Indonesia di Kota Medan menjadi fenomena dalam penelitian ini. Untuk memberikan kepuasan kepada para pengunjung ada terdapat beberapa faktor salah satunya adalah promosi, harga dan kualitas pelayanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh promosi, harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung di Museum Perkebunan Indonesia. Populasi penelitian ini berjumlah 5.304 dan sampel yang digunakan berjumlah 100 responden. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner dan studi pustaka. Hasil data akan dianalisis menggunakan uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis linear berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi, harga dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung Museum Perkebunan Indonesia di Kota Medan. Secara simultan promosi, harga dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung dengan nilai 64,4% dan sisanya 35,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jebma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMA) adalah Jurnal Nasional dalam bidang ilmu ekonomi bisnis, manajemen dan akuntansi. JEBMA terbit tiga kali setahun, yaitu pada bulan Maret, Juli dan November. JEBMA bertujuan untuk mempromosikan hasil penelitian di bidang ekonomi bisnis, manajemen ...