Jurnal Suluh Pendidikan
Vol 12 No 1 (2024): Maret 2024

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNALAR

hulu, selestinus (Unknown)
Halawa, Putra (Unknown)
Gea, Erenu (Unknown)
mendrofa, netti (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2024

Abstract

Pendidikan merupakan upaya untuk menjadikan kehidupan warga negara menjadi lebih cerdas. Pendidikan memegang peranan yang sangat strategis dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mewujudkan cita-cita nasional. Penalaran berpikir merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi akademik siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bernalar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas VIII di UPTD SMP Negeri 3 Gunungsitoli. Responden dalam penelitian ini berjumlah 29 orang. Berdasarkan hasil penelitian, dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning menunjukan bahwa siswa lebih aktif dalam belajar sehingga mampu meningkatkan kemampuan bernalar dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang berbentuk cerita. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi, dan transkrip wawancara.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jsp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Jurnal Suluh Pendidikan (JSP) is providing a platform that welcomes and acknowledges high-quality empirical research papers about education written by researchers, academicians, professionals, and practitioners from all over the ...