Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 6 No. 1 (2025)

Upaya Peningkatan Motivasi Belajar pada Siswa Pendidikan Non-Formal Melalui Pendekatan Personalized Learning

Pratama, Rheza Dwi (Unknown)
Ussyakira, Satia (Unknown)
Nisa, Tri Ratna Chaniyatun (Unknown)
Maharani, Nabila Aulia (Unknown)
Adistiani, Adita (Unknown)
Indriana, Hana (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak di Desa Benteng yang menghadapi kendala ekonomi, budaya, dan rendahnya motivasi belajar. Melalui pendekatan personalized learning, kegiatan dilaksanakan dalam empat tahap: penilaian diagnostik, penyusunan modul pembelajaran sesuai kebutuhan siswa, implementasi menggunakan metode scaffolding, dan evaluasi pada aspek kognitif, afektif, serta psikomotorik. Hasil menunjukkan peningkatan pada motivasi belajar, keberanian siswa berbicara di depan umum, serta keterampilan dasar seperti membaca, menulis, dan membuat CV. Kendala utama yang dihadapi adalah rendahnya tingkat kehadiran siswa secara konsisten. Kegiatan ini memberikan implikasi bahwa personalized learning efektif mendukung pendidikan inklusif. Untuk pengembangan lebih lanjut, direkomendasikan kolaborasi yang lebih erat dengan komunitas lokal, pemanfaatan sumber daya pembelajaran digital, dan strategi untuk meningkatkan partisipasi siswa secara berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

parta

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Terbitan Berkala Ilmiah ini merupakan publikasi ilmiah di bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat dengan cakupan bidang :Pembangunan manusia dan daya saing bangsa, Pengentasan kemiskinan berbasis sumber daya lokal, Pengelolaan wilayah pedesaan dan pesisir berkearifan lokal. Pengembangan ...