Pesatnya perkembangan teknologi berdampak signifikan pada pendidikan, namun penerapannya di sekolah pinggiran, seperti SMP Negeri 22 Malang, masih menghadapi tantangan. Metode pembelajaran yang monoton dan kurangnya media berbasis teknologi menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi Mobile Learning berbasis Android bernama DUIT (Dengan Uang Ingat Tabungan) sebagai media pembelajaran pada materi uang, pendapatan, dan tabungan. Menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan model 4-D, penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas VII D (N=31) sebagai populasi dan sampel. Data dikumpulkan melalui kuesioner skala Likert yang disebarkan kepada ahli media, ahli materi, dan siswa, serta dianalisis menggunakan rumus persentase kevalidan. Hasil validasi menunjukkan persentase kelayakan dari ahli media sebesar 95.66% dan ahli materi sebesar 83.33%, dengan respon positif dari siswa. Dengan demikian, aplikasi DUIT dinyatakan sangat layak dan berpotensi meningkatkan keterlibatan serta motivasi belajar siswa. Disarankan agar penelitian selanjutnya dapat mengupayakan penyebaran aplikasi ke platform yang lebih luas.
Copyrights © 2025