Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains
Vol. 9 No. 2 (2025): Volume IX Edisi II ( Juli-Desember In-Press)

Pengembangan Aplikasi DUIT (Dengan Uang Ingat Tabungan) Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Uang, Pendapatan dan Tabungan Mata Pelajaran IPS Kelas VII D di SMP Negeri 22 Malang

Robby Arief Hadirizky Perwira (Unknown)
Khofifatu Rohmah Adi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2025

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi berdampak signifikan pada pendidikan, namun penerapannya di sekolah pinggiran, seperti SMP Negeri 22 Malang, masih menghadapi tantangan. Metode pembelajaran yang monoton dan kurangnya media berbasis teknologi menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi Mobile Learning berbasis Android bernama DUIT (Dengan Uang Ingat Tabungan) sebagai media pembelajaran pada materi uang, pendapatan, dan tabungan. Menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan model 4-D, penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas VII D (N=31) sebagai populasi dan sampel. Data dikumpulkan melalui kuesioner skala Likert yang disebarkan kepada ahli media, ahli materi, dan siswa, serta dianalisis menggunakan rumus persentase kevalidan. Hasil validasi menunjukkan persentase kelayakan dari ahli media sebesar 95.66% dan ahli materi sebesar 83.33%, dengan respon positif dari siswa. Dengan demikian, aplikasi DUIT dinyatakan sangat layak dan berpotensi meningkatkan keterlibatan serta motivasi belajar siswa. Disarankan agar penelitian selanjutnya dapat mengupayakan penyebaran aplikasi ke platform yang lebih luas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

TBQ

Publisher

Subject

Education Other

Description

Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains adalah Jurnal yang di kelolah oleh Sekolah TInggi Ilmu Tarbiah Al Bukhary Labuhanbatu menawarkan forum interdisipliner untuk publikasi artikel penelitian asli yang ditinjau oleh rekan sejawat, berkontribusi, dan diundang dengan kualitas terbaik ...