Penelitian ini mengeksplanasi wujud akhlak islami dalam Hikayat Iskandar Zulkarnain sebagai basis penguatan pendidikan karakter generasi milenial. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, dengan metode deskriptif-analitik. Objek penelitian ini adalah Hikayat Iskandar Zulkarnain, Suntingan Teks (Soeratno, 1992). Penelitian ini menemukan berbagai akhlak islami sebagai penguatan pendidikan karakter generasi milenial, antara lain: (1) keberanian: kemauan keras, tegas dalam bersikap, perkasa dan terampil berperang, tidak takut menghadapi berbagai tantangan, dan mengakui kesalahan. (2) Amanah: menepati janji, melaksanakan tugas dengan baik, bersemangat, dan penuh tanggung jawab; mementingkan kemaslahatan umat. (3) Pemurah: memberikan hadiah dan imbalan kepada orang lain, sesuai prestasi dan pengabdiannya; bersedekah, simpati dan empati, dan tolong menolong. (4) Keadilan: memberi pertimbangan dalam menghukum, mendudukkan sesuatu pada posisi dan proposisinya, membela kebenaran, dan mempertimbangkan pendapat orang lain. (5) Kesabaran: tidak mengikuti hasrat syahwat, tidak berlebih-lebihan, tidak emosional, tidak tergesa-gesa, suka memaafkan, menghargai orang lain, menjaga kesucian dan kemuliaan, dan mempertahankan harga diri. (6) Ketaatan: menjalankan perintah Allah, tidak melanggar hukum dan etika, setia kepada pemimpin, dan harmonisasi.
Copyrights © 2025