Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol. 14 No. 2 (2025): September 2025

Inovasi Pembelajaran Matematika: Implementasi PBL dan Quizizz untuk Hasil Belajar Lebih Baik

Noviyanti, Lisma Zurianti (Unknown)
Putu Ledyari Noviyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2025

Abstract

Pembelajaran matematika di kelas VII-G SMPN 14 Denpasar tahun ajaran 2024/2025 mengalami masalah dalam belajar yaitu kurangnya keterlibatan siswa dalam belajar yang berakibat pada hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses belajar dengan menggunakan model PBL dengan bantuan Quizizz dan menganalisis hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua tahap. Pengumpulan data dilaksanakan melalui tes. Target penelitian ialah siswa kelas VII-G SMPN 14 Denpasar sebanyak 41 siswa. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penggunaan model PBL dan Quizizz dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ini dapat dilihat dari peningkatan nilai siswa, tahap pra siklus sebanyak 8 (19,51%) dari 41 siswa dinyatakan sudah melebihi KKM. Selanjutnya pada tahap siklus 1, sebanyak 25 siswa (60,98%) dianggap telah memenuhi KKM. Pada tahap siklus , menunjukkan peningkatan pada hasil belajar siswa, dengan 35 siswa (80,49%) dinyatakan telah memenuhi KKM. Rata-rata nilai siswa di tahap pra siklus adalah 57,80, pada siklus 1 meningkat menjadi 85,12, dan siklus 2 mencapai 90,55. Penelitian ini membuktikan bahwa impelementasi model PBL berbantuan Quizizz efektif meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

emasains

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Mathematics

Description

Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains is a mathematics and science education journal which published and managed by the FKIP Education University PGRI Mahadewa Indonesia. This journal is published twice a year, namely March and September. Contains Indonesian-language writings derived from ...