Metode pembelajaran yang dilaksanakan secara monoton pada proses pembelajaran mata pelajaran IPS membuat peserta didik menjadi jenuh, bosan, serta pasif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga menimbulkan minat belajar dan hasil belajar yang kurang maksimal. Tujuan pada penelitian ini ialah pertama, Untuk mengetahui minat belajar siswa dengan menggunakan metode outdoor study pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung. Kedua, Untuk mengetahui hasil belajar dengan metode outdoor study pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung. Penelitian ini memakai penelitian kuantitatif dengan metode penelitian quasi experimental design. Hasil dari penelitian ialah (1) terdapat pengaruh signifikan terkait penerapan metode outdoor study terhadap minat belajar (2) terdapat pengaruh yang signifikan terkait penerapan metode outdoor study terhadap hasil belajar. Berdasarkan hal tersebut penerapan variasi dalam metode pembelajaran sangatlah berpengaruh pada minat dan hasil belajar peserta didik kelas VIII MTsN 4 Tulungagung.
Copyrights © 2023