Abuya: Jurnal Pendidikan dasar
Vol. 3 No. 1 (2025): Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar

Mengembangkan Keterampilan Membaca di Sekolah Dasar

Nengsi, Arda (Unknown)
Ramadhan, Muh Nur Ali (Unknown)
Hamzah, Rahma Ashari (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Keterampilan membaca merupakan aspek fundamental dalam pendidikan dasar yang berperan penting dalam perkembangan kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep keterampilan membaca di sekolah dasar, termasuk metode, tantangan, dan strategi pengembangannya. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif berbasis studi literatur, penelitian ini menganalisis berbagai referensi dari buku, artikel jurnal, dan dokumen akademis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode PQ4R, metode eja, metode fonik, dan metode global efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa. Namun, terdapat tantangan seperti rendahnya minat baca, kesulitan memahami teks, gangguan pembelajaran, kurangnya latihan membaca, serta keterbatasan fasilitas. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan inovatif dalam pengajaran membaca, pemanfaatan media pembelajaran yang menarik, serta penguatan budaya literasi di sekolah dan rumah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru dan pemangku kebijakan dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

abuya

Publisher

Subject

Religion Humanities Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar Is an open access, and peer-reviewed journal that focuses on critical studies of elementary education. Investigated the dynamics of learning students at State Elementary Education/ Islamic Elementary Education (SD/MI). Besides focusing on the development of teaching at ...