Penelitian ini bertujuan untuk menilai taraf kelayakan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran game interaktif berbasis web wordwall pada tema 7 dan subtema 1 pembelajaran 3 SDN 064966 Medan Perjuangan T.A. 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang menggunakan model pengembangan 4-D, meliputi tahapan Define (Pendefenisian), Design (Desain), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan tes. Partisipan dalam penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, guru kelas IV sebagai praktisi pendidikan, dan siswa kelas IV sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran game interaktif berbasis web wordwall pada tema 7 subtema 1, Pembelajaran 3 masuk dalam kategori layak, praktis, dan efektif digunakan. Berdasarkan hasil kelayakan, produk tersebut memperoleh tingkat 84,77% dan dianggap layak. Hasil kepraktisan produk skor 88,75% dan dinilai sangat praktis, sedangkan hasil belajar siswa setelah menggunakan mediaWordwall meningkat, dengan uji post 83,5%, memenuhi kriteria kelayakan dan keefektifan.
Copyrights © 2023