Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan kelayakan buku profesi kependidikan sekolah dasar berbasis Augmented Reality, (2) mendeskripsikan praktikalitas buku profesi kependidikan sekolah dasar berbasis Augmented Reality (3) mendeskripsikan efektivitas buku profesi kependidikan sekolah dasar berbasis Augmented Reality dalam meningkatkan kecakapan literasi digital mahasiswa Prodi PGSD FIP UNIMED. Penelitian ini menghasilkan produk buku profesi kependidikan sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap, yakni tahap pendefinisian (Define), tahap perencanaan (Design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (Disseminate). Teknik pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini adalah validasi, obersvasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Sebanyak 30 orang mahasiswa dipilih sebagai subjek penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan validitas dari beberapa ahli, yaitu ahli materi dengan persentase kelayakan sebesar 92,11%, ahli media pembelajaran dengan 92,5%, dan ahli desain pembelajaran dengan 78,7%. Tanggapan mahasiswa terhadap kelayakan buku mencapai 81,67% pada uji coba skala kecil yang melibatkan 6 orang, dan 90,42% pada uji coba skala besar dengan 30 orang.
Copyrights © 2024