JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED
Vol. 15 No. 2: Desember 2024

PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN APLIKASI ENUMA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA SEKOLAH DASAR

Sari, Aisyah Dwita Puspa (Unknown)
Haryati, Feri (Unknown)
Pasaribu, Duma Romaito (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pemanfaatan media pembelajaran berbantuan Aplikasi Enuma dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penitian ini dilaksanakan di SD 066050 Medan T.A. 2023/2024. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I dan II menunjukkan adanya peningkatan signifikan, dengan ketuntasan belajar murid meningkat dari 73,91% pada siklus I menjadi 82,60% pada siklus II. Dengan demikian, penerapan Aplikasi Sekolah Enuma diterima baik oleh murid, yang merasa pembelajaran menjadi lebih mudah, meskipun sebagian murid mengalami tantangan dalam menyusun kartu huruf.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JH

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Handayani memuat artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang pendidikan, pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal disingkat Handayani JH, dikelola oleh program studi pendidikan guru sekolah dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan. JH diterbitkan ...