JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED
Vol. 15 No. 2: Desember 2024

PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GAME EDUKASI SEBAGAI STIMULUS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Susanti, Dwi (Unknown)
Hasan, Ferisa Nuriasyifa (Unknown)
Khira, Nafisa (Unknown)
Astuti, Nelly (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media pembelajaran interaktif berbasis game edukasi dalam meningkatkan minat belajar peserta didik Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode kepustakaan (library research). Penulis melakukan pengumpulan data berupa artikel jurnal dari hasil penelitian sebelumnya yang relevan, buku-buku serta dokumen yang sesuai dengan permasalahan yang dikaji. Hasil penelitian pembelajaran melalui permainan edukatif dapat meningkatkan minat dan pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran. Game edukasi membuat pembelajaran lebih menarik, interaktif, dan menyenangkan, serta merangsang motivasi dan diskusi. Selain itu, game ini memungkinkan pendekatan yang lebih personal sesuai kemampuan peserta didik, sambil mengembangkan keterampilan kognitif seperti pemecahan masalah dan kerja sama.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JH

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Handayani memuat artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang pendidikan, pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal disingkat Handayani JH, dikelola oleh program studi pendidikan guru sekolah dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan. JH diterbitkan ...