Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan
Vol. 6 No. 2 (2024): Oktober

Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Proses Berdasarkan Gaya Belajar pada Materi Teks Karya Fiksi Tingkat SMP

Nurlaela, Fitri (Unknown)
Ahmadi, Anas (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2024

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berdiferensiasi proses berdasarkan gaya belajar peserta didik pada materi teks karya fiksi di kelas VIII-D SMP Negeri 36 Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini peserta didik kelas VIII-D SMP Negeri 36 Surabaya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar pengamatan sebagai pengumpulan datanya, lembar kerja selama proses pembelajaran, dan bukti dokumentasi berupa foto kegiatan pembelajaran. Sumber data penelitian ini pendidik selaku peneliti. Instrumen penelitian ini berupa lembar kerja hasil belajar, lembar observasi, dan bukti dokumentasi selama proses pembelajaran. Berdasarkan hasil implementasi pembelajaran berdiferensiasi proses berdasarkan gaya belajar, nilai peserta didik selama proses pembelajaran memiliki kenaikan yang cukup signifikan. Nilai rata-rata yang diperoleh sebelum pelaksanaan implementasi berkisar 75-80. Namun, setelah pelaksanaan impementasi nilai rata-rata peserta didik menjadi 90-95. Peserta didik kelas VIII-D memiliki gaya belajar yang beragam seperti visual, auditori, dan kinestetik. Kata kunci: Gaya Belajar, Implementasi, Pembelajaran Berdiferensiasi Proses, Teks Karya Fiksi. Abstract This study aims to describe the implementation of differentiated learning process based on students' learning styles on fictional text material in class VIII-D of SMP Negeri 36 Surabaya. This research method uses a qualitative descriptive research type. The object of this research is students of class VIII-D of SMP Negeri 36 Surabaya. The data collection technique in this study uses observation sheets as data collection, worksheets during the learning process, and documentary evidence in the form of photos of learning activities. The data source for this study is the educator as the researcher. The research instruments are in the form of learning outcome worksheets, observation sheets, and documentary evidence during the learning process. Based on the results of the implementation of differentiated learning process based on learning styles, students' scores during the learning process have increased quite significantly. The average score obtained before the implementation ranged from 75-80. However, after the implementation, the average score of students became 90-95. Students in class VIII-D have various learning styles such as visual, auditory, and kinesthetic. Keywords: Learning Style, Implementation, Differentiated Learning Process, Fiction Text.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kopula

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan adalah suatu jurnal terbit dua kali setahun (Maret dan Oktober) yang dipublikasikan oleh Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Mataram. Kopula pertama diterbitkan pada tahun 2019 sebagai wadah untuk mempublikasi hasil ...