Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang gaya bahasa dan makna semantik yang terkandung dalam iklan minuman di televisi. Bahasa periklanan sebagai elemen persuasif menggunakan gaya linguistik dan bertujuan mendorong orang lain agar menggunakan produk atau layanan yang disediakan. Teori yang digunakan pada penelitian iklan ini adalah teori semantik dengan metode penelitian ini adalah kualitatif menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada iklan minuman di saluran televisi terdapat gaya bahasa dan makna semantik, yakni (1) gaya bahasa hiperbola, (2) gaya metafora, dan (3) gaya bahasa personifikasi. Makna semantik yang terkandung dalam gaya bahasa pada iklan minuman di televisi ini, yakni (1) makna denotatif, dan (2) makna konotatif. Kata kunci: gaya bahasa, makna semantik, iklan. Abstract This research aims to describe the language style and semantic meaning contained in beverage advertisements on television. Advertising language as a persuasive element uses linguistic style and aims to encourage other people to use the products or services provided. The theory used in this advertising research is semantic theory with this research method being qualitative using descriptive qualitative methods. The results of this research show that in drink advertisements on television channels there are language styles and semantic meanings, namely (1) hyperbolic language style, (2) metaphorical style, and (3) personification language style. The semantic meaning contained in the language style in this drink advertisement on television, namely (1) denotative meaning, and (2) connotative meaning. Keywords: language style, semantic meaning, advertising
Copyrights © 2024