Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan
Vol. 7 No. 2 (2025): Oktober

Peningkatan Kemampuan Menulis Drama Dengan Metode Buzz Group pada Siswa Kelas VIII Di SMPN Balaweling

Lamahoda, Lorensia Sefitiana (Unknown)
Pande, Rikardus (Unknown)
Lawet, Pilipus Wai (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuaan siswa dalam menulis naskah drama dengan metode Buzz Group pada siswa kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu dengan menggunakan Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis siswa kelas VIII SMP Negeri Balaweling setelah mengikuti pembelajaran menulis dengan metode Buzz Group. Hasil ini dapat dilihat dari hasil tes menulis yang disertai pemahaman pada Prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada prasiklus rata-ratanya sebesar 40,1pada siklus I rata-ratanya sebesar 51,25, dan pada siklus II rata-ratanya sebesar 82,5. Perolehan hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan menulis menggunakan metode Buzz Group pada siswa kelas VIII SMP Negeri Balaweling ini telah berhasil. Perubahan sikap siswa kelas VIII SMP Negeri Balaweling juga mengalami peningkatan dari prasiklus, siklus I hingga siklus II. Perubahan tersebut seperti siswa yang semula kurang aktif, dan kurang siap dalam mengikuti pelajaran menjadi aktif dan siap serta bersemangat dalam proses pembelajaran

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kopula

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan adalah suatu jurnal terbit dua kali setahun (Maret dan Oktober) yang dipublikasikan oleh Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Mataram. Kopula pertama diterbitkan pada tahun 2019 sebagai wadah untuk mempublikasi hasil ...