Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Vol 3, No 2: FEBRUARI 2018

Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual pada Materi Kearifan dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Rachman Evendy (Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang)
Sumarmi Sumarmi (Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang)
I Komang Astina (Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2018

Abstract

This research to know feasibility of students worksheets based contextual teaching and learning to the matter wisdom in the use of natural resources. The research is research development use the model development Borg & Gall simplified to seven stage. Based on the research results show that students worksheets based contextual teaching and learning being used in learning geography. The results of the tryouts group small (83,75%) and great clusters (83,54). Study results students do students worksheets in the task of the groups (90,31) and duty individual (83,45). Referring to scores it can be said that students worksheets developed suitable and capable of being understood by students.Penelitian ini untuk mengetahui kelayakan dari lembar kerja siswa berbasis kontekstual pada materi kearifan dalam pemanfaatan sumber daya alam. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang disederhanakan menjadi tujuh tahapan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja siswa berbasis kontekstual layak digunakan dalam pembelajaran geografi. Hasil uji coba kelompok kecil (83,75%) dan kelompok besar (83,54). Hasil belajar siswa mengerjakan lember kerja siswa pada tugas kelompok (90,31) dan tugas individu (83,45). Mengacu pada hasil penilaian tersebut dapat dikatakan bahwa lembar kerja siswa yang dikembangkan layak dan mampu dipahami oleh siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jptpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January ...