Business and Accounting Education Journal
Vol. 6 No. 2 (2025): Business and Accounting Education Journal

Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Kepuasan Pengguna Layanan di Kantor Desa Talokwohmojo

Syarifuddin (Unknown)
Ismiyati, Ismiyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2025

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Masyarakat terhadap Kepuasan Masyarakat di Balaidesa Talokwohmojo, Kabupaten Blora. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang dilakukan di Balaidesa Talokwohmojo pada bulan Mei 2025. Populasi adalah seluruh masyarakat desa Talokwohmojo yang pernah mendapatkan pelayanan, dan sampel yang didapatkan berjumlah 107 orang yang diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi dengan menggunakan apliasi SPPS Ver 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh positif terhadap Kepuasan Masyarakat di Balaidesa Talokwohmojo yang dibuktikan dengan perolehan thitung > ttabel yaitu 3,339 > 1,983 dan nilai sig < 0,05 yaitu 0,001. Kepercayaan Masyarakat berpengaruh positif terhadap Kepuasan Masyarakat di Balaidesa Talokwohmojo yang dibuktikan dengan perolehan thitung > ttabel yaitu 6,581 > 1,983 dan nilai sig < 0,05 yaitu 0,000.   Abstract This study aims to determine the effect of Service Quality and Public Trust on Public Satisfaction at Talokwohmojo Village Hall, Blora Regency. This study uses a quantitative approach with a case study research type conducted at Talokwohmojo Village Hall in May 2025. The population is all Talokwohmojo village residents who have received services, and the sample obtained is 107 people taken using the accidental sampling technique. The data analysis technique used is multiple regression analysis, t-test, f-test, and coefficient of determination using the SPPS Ver 29 application. The results of the study indicate that Service Quality has a positive effect on Public Satisfaction at Talokwohmojo Village Hall as evidenced by the acquisition of t count> t table, namely 3.339> 1.983 and a sig value <0.05, namely 0.001. Public Trust has a positive effect on Public Satisfaction at Talokwohmojo Village Hall, as evidenced by the tcount > ttable, namely 6.581 > 1.983 and a sig value < 0.05, namely 0.000.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

baej

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Business and Accounting Education Journal adalah jurnal ilmiah dari hasil penelitian dan atau kajian pustaka dalam bidang ilmu bisnis, kewirausahaan, administrasi perkantoran, pendidikan administrasi perkantoran, dan pendidikan akuntansi maupun bidang ilmu ...