Mutu pendidikan sekolah sangat ditentukan oleh mutu kegiatan belajar mengajar. Salah satu faktor penting yang dapat menentukan kualitas pembelajaran di kelas adalah penerapan model pembelajaran di suatu sekolah. Namun kenyataannya proses pembelajaran yang dilakukan guru masih belum berjalan secara maksimal khususnya pada mata pelajaran matematika, Hal ini ditemukan melalui penelitian yang dilakukan pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Galis terdapat siswa yang mempelajari teorema phytagoras seringkali kesulitan memahami hubungan sisi miring (hipotenusa) dan dua sudut siku-siku, sehingga siswa cenderung menghafal rumus pythagoras. Maka dari itu, pemahaman konsep matematika siswa membutuhkan perbaikan dan peningkatan oleh guru melalui penerapan model pembelajaran koopertif dengan bantuan media aplikasi quizwhizzer. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan upaya peningkatan pemahaman konsep siswa melalui penerapan model pembelajaran koopertif dengan bantuan media aplikasi quizwhizzer pada materi teorema phytagoras. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Dengan Metode penelitian adalah quasi-experimental two groub posttest only. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengamatan guru dalam mengelola pembelajaran diperoleh skor rata-rata 3,384 berada dalam kategori baik, pengamatan aktivitas siswa diperoleh aktivitas siswa dalam kategori aktif, respon siswa menunjukka bahwa 95,45% siswa merespon positif, dan hasil posttest pada kedua kelas tersebut adalah berdistribusi normal karena masing-masing kelas kontrol dan kelas eskperimen memiliki nilai sig dan . Kemudian kedua data tersebut memiliki varians yang homogen, hal ini dapat dilihat dari hasil uji homogenitas menggunakan Microsoft Exel 2010 diperoleh nilai 0,235908 0,479803. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa kelas VIII setelah diajar menggunakan model pembelajaran konvensional dan kooperatif berbantuan quizwhizzer. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif dengan bantuan media aplikasi quizwhizzer pada materi teorema phytagoras, dikatakan efektif karena mencapai 4 indikator yaitu : Kemampuan guru mengelola pembelajaran efektif, aktvitas siswa yang dilakkan efektif, respon siswa menyatakan positif dan ketuntasan hasil posttest siswa.
Copyrights © 2024