AbstrakMenghadapi abad 21, pembelajaran tidak lagi berpusat pada kemampuan kognitif saja, tetapi juga mencakup sejumlah keterampilan personal dan sosial. Salah satunya peserta didik dituntut untuk berpikir kritis dalam memecahkan persoalan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik tentunya dibutuhkan sebuah inovasi pembelajaran baik dari segi model yang digunakan beserta media yang menarik. Inovasi pembelajaran yang dimaksud adalah Model Pembelajaran PjBL. Model ini dapat menstimulus kemampuan berpikir peserta didik serta mampu menganalisis persoalan-persoalan yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Project Based Learning berbantuan media quizizz terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Kelas eksperimen terdiri dari 34 peserta didik dan kelas kontrol terdiri 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknk analisis menggunakan analisis deskriptif yang dihitung dengan membandingkan nilai rata-rata setiap variabel. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji paired sampel t-test. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model PjBL berbantuan media quizizz terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.Kata Kunci: Model PjBL, Quizizz, Berpikir Kritis
Copyrights © 2022