Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)
Vol. 5 No. 2 (2024): Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)

Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 14 Medan

Marpaung, Lidia Natalia br (Unknown)
Margareta, Elisabeth (Unknown)
Manullang, Dapot Tua (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 14 Medan. Pemilihan subjek dilakukan dengan metode random sampling dengan responden sebanyak 65 siswa. Data berupa respon subjek diperoleh dengan menggunakan metode survei. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket sebagai instrumen penelitian yang berisi pernyataan-pernyataan dan diukur dengan Skala Likert, serta teknik dokumentasi. Uji persyaratan penelitian yang digunakan adalah uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis regresi linier berganda, uji t (uji hipotesis parsial) dan uji f (uji hipotesis simultan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model project based learning (X) secara parsial mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar (Y) dengan nilai thitung < ttabel (11,782 < 1,669). Hasil pengujian simultan (uji F) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara model pembelajaran berbasis proyek (X) terhadap minat belajar (Y). Hal ini dapat dilihat dari nilai Fhitung > Ftabel (138,807 > 2,75).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkip

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan is published by Lembaga Riset dan Inovasi Al-Matani as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of Business Management and Accounting Studies. First publish in November 2020. The Editorial ...