Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan penggunaaan media serta model terhadap motivasi siswa pada pembelajaran sejarah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan dari media wordwall pada game-based learning dapat meningkatkan motivasi siswa pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Tuntang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus di SMA Negeri 1 Tuntang. Teknik pengambilan data meliputi tiga cara yaitu wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen. Subjek penelitian mengambil satu guru sejarah dan tiga siswa kelas X2 sebagai informan dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling untuk memperoleh data yang relevan. Analisis data dilakukan dengan sistematis meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil temuan yang didapat dalam penelitian menyatakan bahwa sebagian siswa kelas X memiliki ketertarikan dan keterampilan dalam dunia game dan menyenangi pembelajaran dengan bermain pada pelajaran sejarah. Guru menerapkan dengan baik dalam penggunaan media wordwall dan siswa menunjukkan motivasi diri dalam pembelajaran sejarah dengan pemahaman lebih dari pengalaman selama belajar. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan media yang tepat dan sesuai dari guru dengan kebutuhan siswa memberikan kemudahan dalam meningkatkan motivasi pada diri siswa.
Copyrights © 2025