Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)
Vol. 6 No. 4 (2025): Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)

Pengaruh Metode Verbal Behavior Intervention (VBI) Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Vokal pada Anak Autis di SLBN Branjangan Jember

Wati, Delia Fitria Sulistia (Unknown)
Megaswarie, Rosika Novia (Unknown)
Mais, Asrorul (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2025

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode VBI dapat memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan mengenal huruf vokal pada anak autis. Sedangkan tujuan khususnya adalah untuk mendeskripsikan perkembangan kemampuan mengenal huruf vokal siswa setelah diberikan intervensi, serta mengidentifikasi respon siswa dalam mengikuti pembelajaran berbasis VBI. Metode penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B. Pada tahap baseline (A), dilakukan pengukuran kemampuan awal siswa dalam mengenal huruf vokal tanpa perlakuan khusus. Selanjutnya, pada tahap intervensi (B), siswa diberikan pembelajaran menggunakan metode Verbal Behavior Intervention (VBI) yang terdiri atas komponen mands, tacts, echoics, dan intraverbals selama beberapa sesi. Data dikumpulkan melalui tes lisan, observasi langsung, dan pencatatan skor kemampuan mengenal huruf vokal. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif menggunakan teknik analisis visual grafik garis untuk melihat tren, kestabilan, serta perubahan level kemampuan siswa antar kondisi. Luaran dari penelitian ini diharapkan berupa laporan yang komprehensif mengenai efektivitas metode VBI dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal pada anak autis. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan rekomendasi praktis bagi guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran literasi awal yang lebih efektif, menarik, dan sesuai dengan karakteristik anak autis. Selain itu, penelitian ini diharapkan dapat memperkaya khazanah ilmu pengetahuan mengenai penerapan intervensi berbasis perilaku dalam pendidikan khusus, sekaligus berkontribusi pada pengembangan media dan metode pembelajaran yang inovatif bagi siswa dengan kebutuhan khusus.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jkip

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan is published by Lembaga Riset dan Inovasi Al-Matani as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of Business Management and Accounting Studies. First publish in November 2020. The Editorial ...