JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Vol. 15 No. 2 (2025): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA

Efektivitas Penggunaan Metode Simulation Based Learning terhadap Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X

Ikfina Nurlaili (Unknown)
Abu Yazid Adnan Quthny (Unknown)
Magfirotul Hamdiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2025

Abstract

Pada era digital saat ini, inovasi pemakaian AI (Artificial Intelligence) dalam pendidikan sangat diperlukan. Metode Simulation Based Learning (SBL) diartikan sebagai penyajian pengalaman belajar memakai situasi tiruan agar siswa lebih memahami tentang konsep, prinsip, maupun kemampuan tertentu. Tingkat keberhasilan metode Simulation Based Learning (SBL) dalam pembelajaran keterampilan menulis dapat dilihat dari kualitas tulisan, keterlibatan siswa, kemandirian dalam menyelesaikan tugas serta terciptanya interaksi antar sesama siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional dengan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data meliputi tes, dokumentasi dan angket (kuesioner). Pada tahap analisis data, diperoleh nilai t-hitung sebesar 5,585 sedangkan t-tabel menunjukkan angka 2,048. Nilai koefisien korelasi (r) yang tinggi (0,726) juga menunjukkan hubungan yang kuat antara kedua variabel. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis teks negosiasi menggunakan metode Simulation Based Learning terbukti sangat efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpb

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Jurnal ini merupakan wadah bagi pegiat pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Redaksi menerima artikel dan laporan penelitian mengenai inovasi dan perkembangan dalam pendidikan ...