Digital Transformation Technology (Digitech)
Vol. 4 No. 2 (2024): Periode September 2024

Perancangan UI/UX Aplikasi Layanan Pengaduan Masyarakat Menggunakan Metode Design Thinking

Sarfin, Vilasni (Unknown)
Andarwati, Mardiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2025

Abstract

Pengaduan masyarakat memiliki peran penting bagi pemerintah untuk menilai sejauh mana keberhasilan kerja yang dilakukan, memperbaiki kekurangan dan menerima masukan terkait pelaksanaan tugas yang dijalankan. Namun, pelayanan pengaduan masyarakat di Desa Terong masih belum optimal, yang mana proses penyampaian aduan masih menggunakan kotak saran. Sehingga, proses ini sangat mempersulit masyarakat dalam melakukan pengaduan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah sistem layanan pengaduan berupa aplikasi yang memudahkan masyarakat dalam melakukan dan pihak desa dalam melakukan dan mengelola pengaduan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan Design Thinking yang terdiri dari lima tahapan utama, yaitu empathize, define, ideate, prototype dan test. Pendekatan Design Thinking sangat berfokus kepada kebutuhan pengguna untuk memecahkan masalah dan menciptakan sebuah inovasi baru. Hasil penelitian ini yaitu prototype UI/UX aplikasi Layanan Pengaduan Masyarakat. Proses pengujian dilakukan menggunakan metode system usability scale (SUS) memperoleh hasil dengan nilai rata-rata sebesar 83,5 termasuk dalam kategori excellent. Dengan hasil tersebut tingkat acceptability dari sistem ini berada dalam kategori acceptable

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

digitech

Publisher

Subject

Computer Science & IT Library & Information Science

Description

Digital Transformation Technology (Digitech) merupakan Jurnal ilmiah Sains dan transformasi Teknologi Digital, terbitan ini berisi artikel bidang Rekayasa Perangkat Lunak, Technology 5.0 Society, Teknologi Industri dan lainnya dengan diterbitkan secara berkala 6 bulanan yaitu Maret dan ...