Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 10 No. 1 (2025): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP BERBASIS ETNOMATEMATIKA MAKANAN TRADISIONAL HULU SUNGAI TENGAH

Al Madani, Muhammad Hasan (Unknown)
Noor Fajriah (Unknown)
Asdini Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2025

Abstract

Berdasarkan observasi disalah satu sekolah menengah pertama Hulu Sungai Tengah didapat kurang optimalnya pemahaman siswa dalam materi sistem persamaan linear dua variabel dan proses belajar mengajar kurang mengkaitkan materi dengan penerapan kehidupan sehari-hari siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa SMP berbasis etnomatematika makanan tradisional Hulu Sungai Tengah dalam materi sistem persamaan linear dua variabel. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, adapun populasi penelitian terdiri dari siswa kelas VIII disalah satu sekolah menengah pertama Hulu Sungai Tengah. Dengan menerapkan simple random sampling, sampel diambil dari lima kelas yang totalnya terdiri dari 126 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes soal uraian dan dianalisis menggunakan pendekatan penyelesaian Polya. Untuk analisis teknis, metode statistik deskriptif digunakan untuk data kuantitatif. Hasil studi ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memecahkan masalah terkait etnomatematika pada makanan tradisional di Hulu Sungai Tengah dikategorikan kurang. Berikut adalah rincian perindikatornya: (1) dalam tahap memahami masalah, nilai rata-rata siswa tergolong cukup; (2) sementara dalam membuat rencana, rata-rata nilai siswa juga tergolong cukup; (3) sedangkan untuk melaksanakan rencana, nilai rata-rata siswa menunjukkan kategori sangat kurang; dan (4) terakhir pada indikator melihat kembali, rata-rata nilai siswa juga tergolong kategori sangat kurang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

nabla

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN 2528-3901) merupakan jurnal nasional pendidikan matematika yang menjadi media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah. NABLA DEWANTARA menerima naskah dalam bidang pendidikan matematika secara luas, baik hasil penelitian maupun kajian teori. ...