Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 2 No. 2 (2017)

KEMAMPUAN MAHASISWA MEMAHAMI LOGIKA PEMROGRAMAN KOMPUTER MELALUI ALGORITMA

Asnurul Isroqmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 May 2017

Abstract

Para pembuat program komputer khususnya mahasiswa masih mengabaikan algoritma dalam menyelesaikan soal-soal pemrograman komputer. Sebagai akibat pengabaian pembuatan algoritma menyebabkan mahasiswa kesulitan memahami konsep logika pemrograman, sehingga seringkali melakukan kesalahan dan banyak kembali melakukan perombakan kode atau susunan program komputer. Hal ini seringkali juga dilakukan oleh para mahasiswa Program studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Palembang. Berlatar belakang hal ini, peneliti memberikan pengetahuan algoritma secara mendalam dan menerapkan pembuatan algoritma pada setiap persoalan program komputer yang harus dipecahkan oleh mahasiswa, kemudian meneliti bagaimana hasil belajar dan respon mahasiswa terhadap penerapan pembuatan algoritma pada setiap persoalan yang dipecahkan sebelum program-program komputer dibuat. Penelitian dilakukan di Laboratorium Matematika FKIP Universitas PGRI Palembang selama lebih kurang 4 bulan. Dengan metode deskriptif dan menggunakan instrumen soal tes pembuatan program komputer dan angket, maka dari sampel 90 orang mahasiswa yang diteliti diperoleh tes akhir mahasiswa 82,1 yang dikategorikan baik dan respon mahasiswa yang positif

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

nabla

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN 2528-3901) merupakan jurnal nasional pendidikan matematika yang menjadi media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah. NABLA DEWANTARA menerima naskah dalam bidang pendidikan matematika secara luas, baik hasil penelitian maupun kajian teori. ...