Ringkasan pembelajaran ilmiah berperan penting dalam menciptakan proses belajar yang lebih aktif, kreatif, dan tidak membosankan. Dengan mendasarkan pembelajaran pada penelitian disipliner, peserta didik dilatih untuk lebih terampil dalam mengamati, menanya, berdiskusi, mengkomunikasikan, serta menyajikan hasil pembelajaran yang diperoleh dari fenomena alam maupun pengalaman langsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penerapan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa kelas X di salah satu sekolah di Bululawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto atau post hoc, menggunakan analisis regresi sederhana. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui survei dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS versi 22.00 for Windows. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) penerapan pendekatan saintifik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, dan (2) terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar antara siswa laki-laki dan perempuan setelah dikenalkan pendekatan saintifik. Berdasarkan hasil uji regresi, variabel penerapan pendekatan saintifik (X1) mempengaruhi hasil belajar sebesar 9,6%, sedangkan 90,4% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan saintifik berkontribusi positif dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran ekonomi di kelas.
Copyrights © 2025