JAMBURA: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS
Vol 7, No 3 (2025): JIMB - VOLUME 7 NOMOR 3 JANUARI 2025

PENGARUH DIGITAL MARKETING DI INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL HONDA PADA PT. HONDA MOBILINDO GORONTALO

Yakobus, Marsel (Unknown)
Wolok, Tineke (Unknown)
Kusuma, Citra Aditya (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2025

Abstract

Penelitian Penelitian ini dilatarbelakangi oleh PT. Honda Nengga Mobilindo penggunaan Digital Marketing dalam proses penjualan unit mobil guna menarik konsumen. Selain itu, ditemukan bahwa Digital Marketing angka penjualan yang cukup signifikan. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh keputusan pembelian dari konsumen yang hendak memberi produk Honda Mobilindo di Gorontalo. Oleh sebab itu, penelitian bertujuan untuk menganalisis Keputuasan Pembelian konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang menganalisis adanya dampak antara variabel X1 (Digital Marketing), dan Y (Keputusan Pembelian) dengan menggunakan kuesioner sebagai metode dalam pengumpulan data. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Maret-April Tahun 2024. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 81 orang yang diambil pada tahun 2023. Hasil penelitian ini menemukan bahwa Digital Marketing di Instagram berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian di Honda Nengga Mobilindo Gorontalo. Hal ini dibuktikan dengan melalui uji hipotesis (Uji t) yang menunjukkan bahwa variabel Digital Marketing di instagram memiliki nilai (sig) 0,0000,05. Sementara itu besaran pengaruh melalui hasil uji r menunjukkan bahwa nilai R Square sebesar 0,224 atau 22,4% yang menunjukkan bahwa pengaruh yang bersifat lemah. Dengan demikian terdapat pengaruh Digital Marketing di Instagram (X) terhadap Keputusan Pembelian (Y) sebesar 22,4%. Sedangkan sisanya 77,6% dipenggaruhi oleh variabel lain selain variabel independen dalam penelitian ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Dirilis Pada Tahun 2018 dan akan terbit tiga kali setiap tahunnya yakni periode Mei, September, Januari. Memuat tulisan tentang hasil penelitian, literature review, dan kajian-kajian di bidang manajemen yaitu (manajemen SDM, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, ...