JAMBURA: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS
Vol 7, No 2 (2024): JIMB - VOLUME 7 NOMOR 2 SEPTEMBER 2024

MODERNITAS ATAU TRADISI? ANALISIS DAMPAK KOREAN WAVE DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP PREFERRENSI BELANJA FASHION GEN Z

Irdayanti, Wa Ode (Unknown)
Juanna, Andi (Unknown)
Kusuma, Citra Aditya (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2024

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh Korean Wave terhadap minat belanja Generasi Z dalam ritel fashion online. Selain itu, penelitian ini juga menginvestigasi dampak yang ditimbulkan oleh brand ambassador, yang umumnya merupakan selebriti atau tokoh terkemuka yang mendukung merek atau produk tertentu, terhadap preferensi belanja online mahasiswa. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survei dan penelitian dokumenter sebagai metode pengumpulan data. Teknik sampling purposif diaplikasikan dalam pemilihan sejumlah 100 mahasiswa di sebuah institusi ternama. Pengolahan data dilakukan dengan analisis regresi linear berganda dan menunjukkan hasil bahwa minat mahasiswa dalam pembelian fashion secara signifikan dan positif dipengaruhi oleh Korean Wave, meskipun terdapat bukti yang terbatas mengenai pemgaruh yang signifikan dari brand ambassador. Namun, secara simultan, baik Korean Wave maupun brand ambassador memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat belanja fashion mahasiswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Dirilis Pada Tahun 2018 dan akan terbit tiga kali setiap tahunnya yakni periode Mei, September, Januari. Memuat tulisan tentang hasil penelitian, literature review, dan kajian-kajian di bidang manajemen yaitu (manajemen SDM, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, ...