JAMBURA: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS
Vol 7, No 1 (2024): JIMB - VOLUME 7 NOMOR 1 MEI 2024

Pengaruh Brand Ambassador Dan Korean Wave Terhadap Minat Beli Konsumen Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo)

Latif, Mardhiyyah Syahida (Unknown)
Wolok, Tineke (Unknown)
Abdussamad, Zulfia K. (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Brand Ambassador dan Korean Wave Terhadap Minat Beli Konsumen Shopee baik secara parsial maupun simultan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Non-Probability Sampling dengan menggunakan rumus slovin yaitu sebanyak 100 responden dengan cara menyebarkan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda dengan program SPSS. Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1) Brand Ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen Shopee dengan nilai thitung 7,587 t tabel 1,985 dan nilai signifikansi 0,000 0,05. (2) Korean Wave memiliki arah positif tidak signifikan terhadap minat beli konsumen Shopee dengan nilai nilai thitung 1,726 t tabel 1,985 dan nilai signifikan 0,088 0, 05. (3) Brand Ambassador dan Korean Wave secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen Shopee dengan nilai Fhitung 50,571 F tabel 3,09 dan nilai signifikan sebesar 0,000 0,05. Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 51%, yang berarti bahwa variabel Brand ambassador dan Korean wave mempengaruhi variabel Minat beli sebesar 51%. Adapun 49% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Seperti kualitas produk, kualitas pelayanan, brand (merek), kemasan, harga, iklan dan marketing.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Dirilis Pada Tahun 2018 dan akan terbit tiga kali setiap tahunnya yakni periode Mei, September, Januari. Memuat tulisan tentang hasil penelitian, literature review, dan kajian-kajian di bidang manajemen yaitu (manajemen SDM, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, ...