Jurnal Pelita Pengabdian
Vol. 3 No. 2 (2025): Juli 2025

Peningkatan Pemahaman Pelaksanaan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar

Setyowati, Rini (Unknown)
Isarianto (Unknown)
Juariah, Sit (Unknown)
Restu Kurnia, Ira (Unknown)
Ruwaida, Gina Asri (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2025

Abstract

Abstrak Pengabdian ini bertujuan untuk untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada guru-guru SD agar mereka memiliki kemampuan dan pengetahuan yang cukup dalam mengajar dalam rangka menyukseskan pendidikan inklusi di sekolah. Pendampingan ini menggunakan pendekatan partisipatif dan berbasis kolaborasi dengan metode observasi dan wawancara untuk mengetahui permasalahan yang ditemukan dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis inklusi di sekolah. Temuan menunjukkan bahwa masih ditemukan kekurangan guru pendamping khusus, kurangnya kompetensi guru untuk menangani anak berkebutuhan khusus, kurangnya pelatihan yang diadakan oleh pemerintah dalam meningkatkan kompetensi guru pendamping khusus, dan kurangnya dukungan orang tua dalam belajar di rumah. Studi ini akan berkontribusi pada pengetahuan dengan memberikan wawasan terkait cara untuk mendampingi siswa belajar dengan latar belakang siswa yang beragam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Religion Aerospace Engineering Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Astronomy Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Jurnal Pelita Pengabdian, diterbitkan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pelita Bangsa Cikarang. Jurnal Pelita Pengabdian mewadahi publikasi hasil penelitian dan kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan oleh Dosen-Dosen sebagai bentuk manifestasi Tri Darma ...