Ketersediaan media pembelajaran matematika khusus untuk siswa tuna rungu saat ini masih terbatas. Padahal dengan adanya media sangat membantu pemahaman anak tunarungu yang mengalami kesulitan dalam berhitung. Penelitian yang diusulkan ini merupakan landasan utama pengembangan model permainan congklak yang sangat membantu guru dalam melaksanakan proses pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi lebih fleksibel dari segi waktu, penggunaan media yang beragam, dan memberikan pengalaman belajar baru yang lebih menarik serta menantang sehingga menumbuhkan kreatifitas dan semangat belajar bagi siswa khususnya di SDLB. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model permainan congklak serta untuk meningkatkan kemampuan berhitung yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Metode dari penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Media permainan congklak yang dikembangkan dinyatakan layak melalui validasi dari beberapa ahli yaitu ahli materi, ahli media dan ahli desain pembelajaran, uji coba perorangan dan kelompok kecil diperoleh respon sangat baik. Selain itu, pengembangan media permainan congklak dalam penelitian ini dapat dijadikan sebagai pedoman bagi guru untuk mengembangkan media permainan lainnya sesuai dengan karakteristik materi pembelajaran
Copyrights © 2024