Lentera
Vol. 8 No. 2 (2024): LENTERA, MEI 2024

Pengembangan Model Permainan Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Tunarungu

Noviyanti (Unknown)
Asma, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2024

Abstract

Ketersediaan media pembelajaran matematika khusus untuk siswa tuna rungu saat ini masih terbatas. Padahal dengan adanya media sangat membantu pemahaman anak tunarungu yang mengalami kesulitan dalam berhitung. Penelitian yang diusulkan ini merupakan landasan utama pengembangan model permainan congklak yang sangat membantu guru dalam melaksanakan proses pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi lebih fleksibel dari segi waktu, penggunaan media yang beragam, dan memberikan pengalaman belajar baru yang lebih menarik serta menantang sehingga menumbuhkan kreatifitas dan semangat belajar bagi siswa khususnya di SDLB. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model permainan congklak serta untuk meningkatkan kemampuan berhitung yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Metode dari penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Media permainan congklak yang dikembangkan dinyatakan layak melalui validasi dari beberapa ahli yaitu ahli materi, ahli media dan ahli desain pembelajaran, uji coba perorangan dan kelompok kecil diperoleh respon sangat baik. Selain itu, pengembangan media permainan congklak dalam penelitian ini dapat dijadikan sebagai pedoman bagi guru untuk mengembangkan media permainan lainnya sesuai dengan karakteristik materi pembelajaran

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ltr2

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Lentera merupakan publikasi ilmiah di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, ekonomi, sosial dan budaya, baik berupa observasi empiris maupun kajian konseptual, yang merupakan penemuan baru, serta koreksi, pengembangan, dan penguatan paradigma, konsep, prinsip, hukum, dan teori. fasilitas ...