Siswa SMP Plus El Wafa sering mengalami kebosanan dalam kegiatan belajar mengajar karena metode dan media yang digunakan oleh guru kurang begitu menarik dikalangan siswa zaman sekarang. Tetapi ketika menyampaikan materi dengan cara nadzon atau sya’ir yang diterapkan di pelajaran amtsilati ini terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam berbagai jenis keilmuan termasuk juga pembelajaran nahwu shorof. Karena dapat dilihat dari beberapa ekspresi siswa yang senang dan bahagia ketika mengikuti pembelajaran yang menggunakan metode nadzom ini. Dengan keadaan kelas yang menyenangkan siswa pun akan lebih memperhatikan guru ketika mengajar dan juga dengan menyanyinya ini peserta didik tidak cepat jenuh ketika harus mengulang-ulang lagu ketika harus menghafalkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode kolerasi. Nilai statistik uji Z sebesar 4,97 lebih besar dari titik kritis Z α/2 (1,96) atau berada di daerah penolakan H0, sehingga keputusan yang diambil adalah Tolak H0. Kesimpulan berdasarkan hasil pengujian hipotesis adalah dengan tingkat kepercayaan 95% sudah cukup bukti untuk menyatakan bahwa terdapat keeratan hubungan yang signifikan secara statistik antara nilai keaktifan mahasiswa (X) dan nilai hasil belajar akhir (Y).
Copyrights © 2025