Tabyin; Jurnal Pendidikan Islam
Vol 6 No 01 (2024): Juni

Hubungan Pembelajaran Fiqih Dengan Motivasi Ibadah Sholat

Tegar Difa Alhaqi, Muhamad (Unknown)
Ruslan Wahyudi, Undang (Unknown)
Eki Waluyo, Kasja (Unknown)
pengelola, pengelola (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Pembelajaran fiqih ini bertujuan memiliki capaian yang begitu amat besar yakni dapat memberi motivasi atau rangsangan kepada manusia untuk mampu memahami, menerapkan dan mengamalkan syari’at Islam dikehidupan sehari-hari. Motivasi dapat artikan sebagai pendorong yang ada di dalam diri seseorang ketika dia melakukan tindakan tertentu untuk mencapai suatu tujuan. Sholat dapat diartikan sebagai do’a dan shalat fardhu adalah rukum Islam Siswa kelas VII di MTsN 4 Karawang masih banyak yang belum mengetahui ketentuan ibadah dan melalaikan ibadah salah satunya ibadah sholat. Peneliti tertarik untuk meneiliti hubungan atau kolerasi Pembelajaran Fiqih dengan Motivasi Sholat Fardhu siswa kelas VII di MTsN 4 Karawang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metide kolerasi yaitu mencari hubungan Variabel Independent dan Variable Dependent, menggunakan pengumpulan data kuesioner, dan pengolahan data uji validitas, uji reabilitas dan uji kolerasi. hasil penelitian menunjukan hubungan korelasi rendah, Nilai sig. 0,050, karena nilai sig. tepat diangkat 0,05 maka perlu dibandingkan nilai pearson correlations dengan r table. Nilai korelasi sebesar 0,243 0,244, maka dapat dinyatakan bahwa tidak terdapat hubungan antara varibel X (Pembelajaran Fiqih) dengan Variabel Y (Motivasi Sholat fardhu)Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian maka dapat disimpulkan Hasil penelitian di lapangan dan analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran fiqih memiliki hubungan atau kolerasi yang rendah terhadap motivasi sholat fardhu siswa kelas VII di MTsN 4 Karawang. Adanya faktor lain yang memperngaruhi motivasi sholat fardhu siswa seperti lingkungan dan keluarga.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tabyin

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Library & Information Science Social Sciences

Description

TABYIN: Jurnal Pendidikan Islam diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Ihyaul Ulum Gresik Indonesia. Terbit setiap Juni dan Desember setiap tahun. Redaksi mengundang para akademisi, dosen, maupun peneliti untuk berkontribusi dalam jurnal ini. Redaksi ...