Sikap prososial pada anak usia dini sangat penting untuk membantu mereka tumbuh dan berkembang menjadi individu yang bertanggung jawab dan peka terhadap lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana proses kegiatan ekstrakrikuler drama dan dampaknya terhadap pembentukan sikap prososial anak usia dini. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Teknik reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler drama ini dapat menjadi salah satu cara dalam pembentukan sikap prososial anak usia dini dalam hal 1) Empati, yaitu kaitannya dengan anak-anak yang mulai memahami perasaan dan memiliki kepedulian terhadap temannya; 2) Komunikasi, yaitu kaitannya dengan anak-anak memiliki komunikasi yang baik antar teman maupun dengan guru, anak juga lebih aktif di kelas; dan 3) Kerja sama, yaitu kaitannya dengan anak-anak mau bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu. Dari sinilah, kegiatan ekstrakurikuler drama dapat membantu membentuk sikap prososial anak usia dini.
Copyrights © 2023